Mengenal Lebih Dalam tentang Kepribadian Seseorang

12/05/2014 11:15:00 AM , 0 Comments



Judul Buku : Eneagram - Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik

Judul Buku Asli : The Enneagram Made Easy

Penulis : Renee Baron dan Elizabeth Wagele

Penerjemah : Leinovar Bahfein

Penerbit : Serambi

Tahun terbit : Cetakan I, November 2005


Buku ini membahas sesuatu yang disebut Eneagram. Jadi, di dalam buku ini dijelaskan bahwa Eneagram adalah sebuah penelitian untuk mengenali sembilan tipe dasar kepribadian seseorang. Penelitian ini memberi penjelasan, mengapa perilaku kita seperti ini dan memberi beberapa saran untuk dapat mengenali kepribadian diri. Enegram juga penting sebagai sarana untuk menjalin hubungan kepada keluarga, teman dan orang lain

Buku ini ditulis oleh dua orang penulis yang memiliki tipe kepribadian yang berbeda. Renee Baron memiliki tipe kepribadian pengamat. Sedangkan, Elizabeth Wagele memiliki tipe kepribadian penolong. Ini mengindikasikan bahwa tidak ada pertentangan di antara perbedaan kepribadian seseorang. Dengan perbedaan kepribadian itulah, manusia bisa saling bekerja sama dengan lebih baik. Apabila si A memiliki kekurangan, maka si B dapat memberi pertolongan kepada si A dan begitu juga sebaliknya.

Sembilan tipe dasar kepribadian itu dijelaskan secara rinci dalam setiap babnya. Kesembilan tipe dasar tersebut adalah antara lain tipe pertama yaitu perfeksionis, kedua penolong, ketiga pengejar prestasi, keempat romantis, kelima pengamat, keenam pencemas, ketujuh petualang, kedelapan pejuang dan kesembilan pendamai. Dalam buku ini dijelaskan juga bahwa manusia tidak tertuju pada satu kepribadian tertentu. Namun, kepribadian manusia juga dipengaruhi perasaannya saat itu.

Sebagai contoh bahwa manusia itu memiliki kepribadian penolong (tipe dua). Kepribadian tersebut juga dipengaruhi kepribadian yang ada disamping kanan dan kirinya. Disamping kanan penolong ialah perfeksionis (tipe pertama) dan kirinya yaitu pengejar prestasi (tipe ketiga). Kemudian kepribadian penolong tersebut juga dapat memiliki kecenderungan kepribadian disampingnya, baik itu dalam sisi positif maupun sisi negatif.

Dalam setiap tipe kepribadian, manusia tidak hanya memiliki kepribadian dalam sisi positif namun juga memiliki sisi negatif. Dalam sisi negatif inilah, penulis juga menyediakan berbagai macam saran agar tidak tenggelam di dalam sisi negatif. Akan tetapi ini bukanlah cara yang seketika membuat pembaca menghilangkan sisi negatif itu. Tapi, ini adalah cara agar pembaca berbuat ke hal-hal yang lebih baik atau lebih menikmati sisi positif dari kepribadiannya. 

Untuk mengetahui bahwa seseorang termasuk tipe kepribadian yang mana, sebaiknya membaca buku ini. Dalam setiap bab, ada sebuah kalimat-kalimat pernyataan dan disuruh untuk memberikan sebuah tanda centang jika pernyataan tersebut memenuhi kriteria pembaca. Sehingga di awal bab, pembaca dapat mengetahui apakah dia termasuk tipe kepribadian tersebut atau tidak. Dengan membaca buku ini juga, dapat menjalin hubungan kepada orang lain dengan lebih baik lagi. Karena kita dapat memahami sesuatu yang menjadi kesukaannya dan dapat memahami sesuatu yang menjadi ketidak sukaannya.

0 comments: